PIKIRAN RAKYAT – Di tengah jeda menuju putaran kedua Kompetisi Proliga 2020, tim voli putri BJB Tandamata menggelar Coaching Clinic di GOR Kantor Pusat bank bjb, Jalan Naripan, Sabtu 22 Februari 2020. Ketua Umum tim Bandung bjb Tandamata, Tachyan Iskandar mengatakan jumlah peserta coachig clinic mencapai 15 siswa awal Kota Sukabumi.

Tachyan mengatakan para pevoli muda ini berkesempatan berlatih bersama dengan para pemain Bandung bjb Tandamata seperti pemain asing Nikoleta Perovic, Yolla, dan  yang lainnya. Dia mengatakan, coaching clinic ini merupakan komitmen bank BJB dalam mengembangkan dunia olahraga khususnya bola voli di Jawa Barat. Para siswa yang terpilih menjadi peserta coaching clinic ini merupakan hasil dari pencarian bibit yang konsisten dilakukan bank BJB.

“Sejak tahun 2019 lalu, bank BJB melakukan pencarian pemainvoli berbakat melalui audisi di Jawa Barat. Dan siswi yang hadir saat ini merupakan hasil pencarian bakat tersebut. Coaching clinic ini, merupakan komitmen besar dari bank bjb untuk mengembangkan dan memajukan olahraga khsusunya bola voli,” ujarnya.

Menurut dia, dalam coaching clinic ini para peserta akan mendapatkan arahan dari tim pelatih Bandung bjb Tandamata yang dikepalai oleh Risco Herlambang. Teknik-teknik dasar bola voli akan diberikan kepada para peserta.

“Teknik dasar bola voli akan menjadi menu utama dalam coaching clinic  ini, supaya para peserta bisa memahaminya dan mengaplikasikannya saat bermain. Kalau teknik dasarnya sudah benar, maka Insya Allah akan bisa menjadi pemain yang bagus,” kata Tachyan.

Selain itu, coaching clinic  ini juga bertujuan untuk memberikan semangat kepada peserta untuk meraih impiannya menjadi pemain profesional.

Dengan bermain bersama pemain Bandung bjb Tandamata, para peserta bisa menimba ilmu langsung dari para pemain idola mereka tersebut.

“Dengan main bareng, diharapkan akan menularkan semangat kepada para peserta untuk lebih giat berlatih dari termotivasi untuk menjadi pemain profesional,” katanya.

Pemain baru

Menghadapi putaran kedua yang akan dimulai pada 28 Februari-15 Maret, tim Bandung bjb Tandamata melakukan perekrutan baru. Salah satunya adalah dengan mendatangkan dua pemain batu yakni Dayse Cristine de Oliveira Figueired asal Brasil dan Berllian Marsheila.

Kedua pemain ini, didatangkan untuk memperkuat tim kebangaan masyarakat Jawa Barat ini. Dayse masuk menggantikan Rosir Calderon Diaz asal Kuba yang kontraknya tidak diperpanjang.

Pelatih Bandung bjb Tandamata, Risco Herlambang menjelaskan, kelemahan timnya pada putaram pertama lalu salah satunya terletak pada receive service atau bola pertama. Baik Dayse maupun Berllian (libero) diharapkan akan mampu untuk menutup kelemahan tersebut.

“Tentunya, kedua diharapkan akan memperkuat tim ini. Karena hasil evaluasi putaran pertama, kelemahan kita di receive service. Di putaran pertama lalu, kita meraih dua kemanangan dan dua kali kalah,” ucapnya.

Khusus mengenai Dayse, Risco menyebut pemain anyarnya tersebut merupakan pemain berpengalaman dan bermain di superliga Brasil.

“Dia (Dayse) pemain berpengalaman dan beberapa kali juara bersama timnya di superliga Brasil. Saya berharap, Dayse bisa mengangkat tim ini,” katanya.

Sementara itu Dayse mengaku senang bisa bermain di Proliga. Baginya, ini merupakan pengalaman pertama dan ia sangat antusias bisa bergabung dengan tim Bandung bjb Tandamata.

“Saya sangat senang. Para pemain sangat baik dan ramah,” akunya.

Pemain yang pernah memperkuat Timnas voli putri Brasil selama 13 tahun (2000-2013) ini menargetkan untuk membawa Bandung bjb Tandamata menjadi jawara Proliga 2020 ini. Dia menegaskan, konsisinya sangat baik dan siap 100% untuk menghadapi putaran kedua Proliga 2020.

“Kondisi saya sangat bugar dan target saya juara bersama tim Bandung bjb Tandamata,” kata Dayse yang terakhir bermain untuk klub Sao Caetano Brasil ini.***

sumber